Bandarlampung, Korel.co.id — Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka membangun Kemiling.com bersama masyarakat Kemiling bertempat di Guna Academy pada Kamis, (13/6/2024).

FGD dalam rangka pelaksanaan bantuan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia 2024. Hadir Direktur Kemahasiswaan dan Rumah Tangga IIB Darmajaya Yan Aditiya Pratama, S.Pd., M.Pd., M.M., Pembimbing PPK Ormawa Hendra Kurniawan, S.Kom., M.T.I., perwakilan Karang Taruna, dan perwakilan kelurahan di Kecamatan Kemiling.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan Karang Taruna Kemiling, Riyan mengatakan sangat senang dengan adanya kegiatan mahasiswa IIB Darmajaya untuk membangun Kemiling.com. “Kita ingin kecamatan Kemiling maju dalam berbagai sektor dan pertumbuhan ekonominya meningkat,” ungkapnya.

Baca : PCPM Metro Selatan Sukses Menggelar Musycab ke-VI , ‘Pemuda Negarawan, Harmoni Memajukan Metro Selatan’

Salah satu perwakilan dari kelurahan di Kecamatan Kemiling, Faisal menyambut baik dengan adanya program yang ingin dibangun oleh mahasiswa IIB Darmajaya. “Kita ingin juga agar pemudanya dapat dilibatkan ketika nantinya program ini berjalan dengan memberikan keterampilan,” ucapnya.

Sementara, Direktur Kemahasiswaan dan Rumah Tangga IIB Darmajaya, Yan Aditiya Pratama, S.Pd., M.Pd., M.M., mengatakan bahwa mahasiswa yang tergabung dalam satu kelompok PPK Ormawa ini akan mengembangkan potensi yang ada di Kemiling. “Gabungan dari beberapa Himpunan Mahasiswa ini akan memiliki fokus untuk pengembangan kepriwisataan dengan kearifan lokal dalam Kemiling.com.,” ungkap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Mulai dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi yang akan membangun website, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika membangun mobile application, Himpunan Mahasiswa Sains Data memegang Data Center dan dalam mengorganisasi pemberdayaan masyarakat akan dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen. “Kami semua tidak dapat melakukan potensi pengembangan yang ada di Kecamatan Kemiling tanpa adanya kolaborasi dari aparatur di kelurahan, masyarakat dan stakeholder terkait,” kata Ketua PPK Ormawa Muhammad Iqbal Ardiansyah dalam FGD tersebut.

Baca : Tiga Mahasiswa Prodi DKV Darmajaya ini akan Wakili Lampung di Peksiminas 2024

Dalam kesempatan tersebut juga pembimbing PPK Ormawa, Hendra Kurniawan, S.Kom., M.T.I., memohon izin kepada aparatur di Kecamatan Kemiling dapat bekerja sama untuk meningkatkan potensi dari daerahnya. “Kami izin bila nanti mengambil beberapa data untuk dimasukkan ke dalam Kemiling.com. Karena tanpa bantuan aparatur dan masyarakat Kemiling.com tidak dapat berjalan,” ungkapnya.

Masih kata dia, harapannya ini juga akan menjadi percontohan dalam pengembangan ekosistem digital di Kota Bandarlampung. ”Semoga adik-adik mahasiswa nanti dapat memberikan kontribusi untuk perkembangan potensi yang ada di kecamatan Kemiling melalui Kemiling.com.,” pungkasnya. (**)

Loading