Korel.co.id — Menjadi pengusaha Muslim yang sukses, adalah idaman setiap pelaku usaha yang beragama Islam. Namun demikian, untuk mencapainya, dibutuhkan jerih payah (ikhtiar), doa dan waktu, serta kemampuan mengeksekusi visi dan target dalam meraih hasil. Ada banyak kisah inspiratif dari para pengusaha Muslim yang sukses di dunia maupun Indonesia yang menggambarkan perjuangan mereka.

Dari kisah-kisah yang tersedia itu, bisa disimpulkan bahwa menjadi seorang pengusaha Muslim yang sukses tidak bisa terjadi dalam waktu singkat atau instan. Kesuksesan dalam dunia usaha itu berpotensi diraih bagi mereka yang siap bekerja keras, berdoa, dan terus mengasah keterampilan wirausahanya.

Skenario berwirausaha setiap orang memang dibangun dengan cara dan jalan yang berbeda-beda, namun semua pengusaha sukses harus siap menghadapi kegagalan, kritik, dan harus terus belajar serta memperbaiki diri.

Bagi pembaca yang saat ini punya niat atau sedang menjalankan sebuah bisnis, berikut beberapa tips untuk menjadi seorang pengusaha Muslim yang sukses.

1. Memulai dengan Membaca Bismillah, atau diawali dengan Niat Karena Allah Subhanahuwataala

Niat adalah salah satu cara agar seorang Muslim yang ingin sukses berwirausaha, dimana setiap usaha setiap Muslim disandarkan atas Izin dari Allah Subhanahuwataala. Sehingga memiliki keyakinan kesuksesannya bukan serta merta dari hasil jeripayahnya tetapi atas bantuan dari Allah yang maha menciptakan dan maha berkehendak.

2. Mulai dari yang Kecil

Selanjutnya, memulai dari yang kecil. Memulai dari bisnis kecil memungkinkan Anda untuk bisa belajar terlebih dahulu. Meski memulai dari yang kecil, tips awal menjadi pengusaha sukses ini tetap memerlukan strategi.

Anda bisa menyusun strategi untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan, kemudian bisa membangun relasi dan pelanggan setia. Bisnis yang Anda jalankan bisa tumbuh dan berkembang dari sana. Sederhananya, untuk menjadi pengusaha Muslim yang sukses, Anda harus bisa membuat langkah strategis kecil yang berdampak besar.

3. Shodaqoh (Sedekah)

Walaupun memulai bisnis dari yang kecil, maka untuk melancarkan rezekinya. Sedekah berarti memberikan sebagian harta yang kita punya untuk mereka yang membutuhkan. Banyak yang masih berpikiran, bahwa jika kita membagi-bagikan harta untuk sedekah, maka harta yang kita miliki akan habis.

Padahal sebaliknya, Allah telah menjanjikan balasan rezeki yang berlipat ganda bagi umat-Nya yang gemar sedekah, yaitu membuka pintu rezeki seluas-luasnya. Selain itu, sedekah bukan hanya uang, namun juga bisa dalam bentuk non materi.

Bagi yang sedang memiliki kelapangan rezeki, sedekah mungkin adalah hal yang mudah namun jika sedang sempit tapi dianjurkan untuk bersedekah mungkin akan lain cerita. Mari kita simak janji Allah,

“Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rizki yang terbaik.” (QS : Saba’/34 : 39)

4. Mengembangkan Rencana Bisnis

Selanjutnya, untuk menjadi pengusaha muslim yang sukses, menyusun rencana bisnis menjadi aspek penting. Rencana bisnis bisa membantu Anda mewujudkan ide-ide yang Anda miliki dan membantu Anda membayangkan bagaimana bisnis Anda akan dioperasikan.

Rencana bisnis Anda setidaknya harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apa produk atau layanan Anda? Apa prioritas Anda?
  • Di mana Anda akan menjalankan bisnis Anda? Di mana Anda ingin berada dalam lima tahun?
  • Kapan bisnis Anda akan beroperasi?
  • Mengapa orang harus membeli produk/jasa Anda?
  • Siapa segmen sasaran Anda? Siapa pesaing Anda?
  • Bagaimana operasi sehari-hari dijalankan? Bagaimana Anda akan menghadapi keadaan darurat yang tidak terduga?

Pertanyaan di atas hanya contoh kecil dari pertanyaan untuk memulai brainstorming Anda. Semakin banyak pertanyaan yang bisa Anda jawab, semakin jelas arah dari bisnis yang Anda jalankan.

5. Menantang Diri Sendiri, Mengambil Risiko, dan Percaya Diri

Untuk menjadi pengusaha sukses, Anda harus siap menghadapi tantangan. Tantangan di dalam diri sendiri maupun dari lingkungan. Terlebih dahulu Anda harus menantang diri sendiri sehingga mendorong untuk tetap bersemangat dalam menghadapi perkembangan yang terjadi. Seorang pengusaha harus gesit dalam mencari tantangan berikutnya untuk menghadapi apa yang menjadi visi Anda.

Menjadi pengusaha sukses pun harus berani mengambil resiko sehingga berkeinginan untuk mendapatkan hal-hal baru. Mengambil keputusan dengan mempertimbangkan resiko terkecil dari pilihannya adalah hal yang perlu Anda biasakan dan ini merupakan salah satu cara menjadi pengusaha sukses.

Aspek pengambilan risiko ini perlu didukung oleh rasa percaya diri. Kemampuan ini juga akan meningkatkan intuisi yang bergantung pada kebijakan dalam mengambil keputusan. Percaya akan kemampuan diri Anda akan menghilangkan rasa ketidakpastian yang seringkali menjadi ketakutan pengusaha di awal memulai berwirausaha.

6. Terlibat Dalam Setiap Aspek di Usaha Anda

Penting untuk Anda berperan aktif dalam bisnis yang sedang dijalankan dalam upaya menjadi pengusaha sukses, namun bukan berarti Anda harus melakukan semuanya sendiri. Anda bisa mendelegasikan orang untuk menangani hal-hal yang tidak Anda kuasai.

Akan tetapi, Anda tetap harus memahami area kerja dari orang yang Anda delegasikan sehingga Anda bisa memberikan arahan yang sesuai untuk kemajuan bisnis. Dengan melakukan ini pula, Anda bisa lebih memahami di area mana Anda bisa lebih lepas tangan dan di area mana Anda perlu turun tangan lebih banyak.

7. Membangun Tim yang solid

Di balik setiap pengusaha sukses ada tim yang bisa diandalkan dan kompeten. Baik itu akuntan yang terampil hingga tim produksi yang andal. Mengingat penjualan adalah sumber kehidupan setiap bisnis, sangat disarankan untuk mempekerjakan seseorang yang bisa menghasilkan pendapatan dengan meningkatkan penjualan atau membuat proses penjualan menjadi lebih efisien.

Kunci dari menjadi pengusaha sukses adalah merekrut orang-orang terbaik untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda, tetapi yang lebih penting adalah orang-orang tersebut memiliki visi yang sama dengan Anda. Setiap rekan tim mungkin memiliki keahlian yang berbeda-beda, tetapi seluruh tim harus selalu berada di arah yang sama tentang visi dan nilai-nilai perusahaan.

8. Membangun Jaringan

Jangan takut untuk mencari bantuan menjadi salah satu tips menjadi pengusaha sukses. Dengan mencari relasi, Anda berpotensi mendapatkan bantuan untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.

Selain bertemu atau mencari langsung, Anda juga bisa memanfaatkan platform online seperti LinkedIn. Anda bisa memulai percakapan dengan orang baru atau membangun jaringan dengan mereka. Ini mungkin tampak tidak menyenangkan dan canggung pada awalnya, tetapi semakin Anda melakukannya akan semakin mudah.

Membangun jaringan juga memungkinkan Anda menjaga hubungan bisnis jangka panjang. Kemampuan Anda untuk memelihara hubungan kerja jangka panjang dengan wirausahawan yang berpikiran sama dalam industri ini akan menjadi salah satu faktor kunci dalam kesuksesan bisnis jangka panjang.

Hubungan bisnis juga mencakup akses ke keuangan. Setiap pengusaha menginginkan kesempatan terbaik untuk melihat proposisi bisnis mereka menjadi perusahaan yang mapan. Ini berarti para wirausahawan harus memiliki kemampuan berinvestasi yang tinggi. Membina hubungan baik dengan investor, pemodal ventura, investor swasta, dan bahkan bank,

9. Mengembangkan Diri

Tips menjadi pengusaha muslim yang sukses selanjutnya adalah terus mengembangkan diri. Setiap pengusaha sukses membutuhkan kelincahan bisnis, dengan kemampuan untuk belajar dan beradaptasi dengan metode, proses atau teknologi baru yang dapat membuat bisnis mereka lebih kuat dan efisien.

Kebutuhan pasar selalu dinamis: dunia bisnis dan konsumen selalu berubah dan apa yang berhasil bertahun-tahun, bahkan berbulan-bulan yang lalu mungkin tidak akan berfungsi lagi keesokan harinya. Pengusaha sukses tidak akan gegabah untuk menerima ketika ada peluang baru untuk meningkatkan penawaran dan lebih memenuhi kebutuhan pelanggan dan pasar secara keseluruhan.

Penjelasan di atas adalah beberapa tips untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Aspek lain yang tak kalah penting dalam berbisnis adalah melakukan investasi. Investasi bisnis perlu dilakukan untuk bisnis jangka panjang dan keberlangsungan usaha Anda. Tujuan dari melakukan investasi pada bisnis adalah agar bisnis Anda dapat bertahan lama dan juga menjadi besar. (dari berbagai sumber)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *