Orio, Jepang , Korel.co.id — Dua mahasiswa program studi Arsitektur Universitas Bandar Lampung (UBL), Kiara Shinta Nastiti dan Arsy Fitria Az Zahra berkesempatan tampil di acara Orio Matsuri. Acara matsuri adalah festival di Jepang di mana masyarakat di Orio berkumpul dan mengadakan perayaan, dan kali ini diadakan untuk menyambut musim panas di Jepang. Bergabung bersama 6 mahasiswa Indonesia lainnya, mereka menampilkan tarian yang berasal dari Aceh yaitu tari Saman pada Sabtu (1/6/2024).

“Senang dan bangga sekali rasanya bisa menampilkan budaya Indonesia di Jepang, kami berdelapan dengan mahasiwa Indonesia lainnya membawakan tarian Saman dari Aceh. Alhamdulillah, surprise banget melihat tanggapan dari masyarakat sini, mereka sangat terpukau karena banyak sekali penonton dan ikut mendokumentasikan dengan ponsel dan kamera pribadi, dan setelah kami menampilkan tariannya mereka juga sangat mengapresiasi kami dengan tepuk tangan yang sangat meriah,” ungkap Kiara via selulernya, Rabu 5/6/2024.

Untuk bisa tampil mengesankan dalam festival ini Kiara ungkapkan persiapannya. “Tari Saman ini kan perlu kekompakan ya, jadi kami berlatih selama kurang lebih 3 minggu, di bantu juga oleh kakak kakak dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Kitakyushu, Jepang termasuk konstumnya,” tambah Kiara lagi.

Baca : Ketua DPRD Provinsi Lampung Sambut Kunjungan Kerja Kasad dan Rombongan di Wilayah Korem 043/Garuda Hitam

Diketahui 2 mahasiswa prodi Arsitektur UBL ini sedang mengikuti program pertukaran mahasiswa di universitas Kitakyushu, Jepang selama 1 tahun dari total 4 mahasiswa UBL lainnya. Prodi Arsitekur UBL secara rutin mengirimkan mahasiswanya ke Jepang melalui program The University of Kitakyushu – Student Exchange Research Program (UK-SERP) sejak tahun 2014. Total sampai saat ini sudah 31 mahasiswa yang mendapatkan manfaat dari program kerja sama antara UBL dan Universitas Kitakyushu.

Loading